Pengaruh Resistance to Change terhadap Prestasi Belajar
(Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas
Swasta di Jakarta)
ABSTRAK
Penelitian ini mencoba mengkaji
pengaruh resistance to change (RTC)
dalam seting akademik, pada umumnya RTC
merupakan fenomena yang muncul di seting industri dan organisasi. Seperti
halnya dalam seting industry dan organisasi, RTC diduga akan berpengaruh
terhadap prestasi belajar mahasiswa sebagai perwujudan dari kinerja karyawan
dalam industry dan organisasi. Pendekatan RTC digunakan pendekatan Oreg (2003)
yang menjelaskan RTC melalui empat dimensi yaitu short term thinking, emotional
reaction to imposed change, routine
seeking dan cognitive rigidity.
Sedangkan prestasi belajar dalam penelitian ini digunakan nilai indeks prestasi
kumulatif (IPK) pada semester berrlangsungnya penelitian ini. Pendekatan
kuantitatif digunakan untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dengan jumlah
responden sebanyak 31 untuk pilot study
dan 70 untuk field study, data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi baik analisis
regresi sederhana maupun analisis regresi berganda. Hasil analisis data
menjelaskan bahwa RTC berpengaruh dengan sangat signifikan terhadap prestasi
belajar mahasiswa. Semakin besar RTC mahasiswa semakin kecil prestasi belajar
yang dicapai. Dengan analisis regresi berganda, diperoleh informasi bahwa
dimensi short
term thinking dan emotional reaction to imposed change
merupakan dua dimensi yang dominan dalam membentuk RTC mahasiswa.
Kata kunci: resistance to change, prestasi belajar, mahasiswa, IPK
ABSTRACT
This research tried to access the
effect of resistance to change (RTC) in an academic setting, in general, RTC
was one of industrial and organizational phenomenon. As in industrial and
organizational, RTC is expected to affect student’s academic performance, as
employee performance in industrial and organizational setting. The approach of
RTC in this research is RTC concept from Oreg (2003) that has four dimensions
(short term thinking, emotional reaction to imposed change, routine seeking and
cognitive rigidity). Student’s academic performance in this research is
cumulative performance index (IPK). The research method approach in this
research was Quantitative approach with 31 respondents for pilot study and 70
respondents for field study. The analysis data was regression analysis, both of
simple and multiple regressions. The analysis result showed that the
alternative hypotheses accepted, so there is effect of RTC to student’s
performance academic. The multiple regressions showed that short term thinking
and emotional reaction to imposed change was two dominant dimension of
student’s RTC.
Key words: resistance to change, academic performance, students, IPK.
No comments:
Post a Comment