Sunday, September 9, 2012

Hasil Penelitian Terbaru, (Agustus, 2012)


 Pengaruh Resistance to Change terhadap Prestasi Belajar
 (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Swasta di Jakarta)



ABSTRAK

Penelitian ini mencoba mengkaji pengaruh resistance to change (RTC) dalam seting akademik, pada umumnya  RTC merupakan fenomena yang muncul di seting industri dan organisasi. Seperti halnya dalam seting industry dan organisasi, RTC diduga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sebagai perwujudan dari kinerja karyawan dalam industry dan organisasi. Pendekatan RTC digunakan pendekatan Oreg (2003) yang menjelaskan RTC melalui empat dimensi yaitu short term thinking, emotional reaction to imposed change, routine seeking dan cognitive rigidity. Sedangkan prestasi belajar dalam penelitian ini digunakan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) pada semester berrlangsungnya penelitian ini. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dengan jumlah responden sebanyak 31 untuk pilot study dan 70 untuk field study, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi baik analisis regresi sederhana maupun analisis regresi berganda. Hasil analisis data menjelaskan bahwa RTC berpengaruh dengan sangat signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Semakin besar RTC mahasiswa semakin kecil prestasi belajar yang dicapai. Dengan analisis regresi berganda, diperoleh informasi bahwa dimensi short term thinking dan emotional reaction to imposed change merupakan dua dimensi yang dominan dalam membentuk RTC mahasiswa.

Kata kunci: resistance to change, prestasi belajar, mahasiswa, IPK

  
ABSTRACT

This research tried to access the effect of resistance to change (RTC) in an academic setting, in general, RTC was one of industrial and organizational phenomenon. As in industrial and organizational, RTC is expected to affect student’s academic performance, as employee performance in industrial and organizational setting. The approach of RTC in this research is RTC concept from Oreg (2003) that has four dimensions (short term thinking, emotional reaction to imposed change, routine seeking and cognitive rigidity). Student’s academic performance in this research is cumulative performance index (IPK). The research method approach in this research was Quantitative approach with 31 respondents for pilot study and 70 respondents for field study. The analysis data was regression analysis, both of simple and multiple regressions. The analysis result showed that the alternative hypotheses accepted, so there is effect of RTC to student’s performance academic. The multiple regressions showed that short term thinking and emotional reaction to imposed change was two dominant dimension of student’s RTC.

Key words: resistance to change, academic performance, students, IPK.

No comments:

Post a Comment