Sunday, September 9, 2012

Proceeding Temu Ilmiah Nasional Psikologi Fak. Psikologi Unair, Nov. 2011


  Nilai-Nilai Enterpreneur Small Medium Entrepreneur
(Studi Komparatif Pada Warung Tegal Dan Warung Padang Dengan Telaah Nilai Berdasarkan Teori Schwartz)



ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah daya tahan yang kuat para entrepreneur menghadapi perubahan iklim perekonomian di Indonesia, dalam hal ini adalah para pemilik Warung Tegal dan Warung Padang. Harga yang terjangkau dibandingkan dengan rumah makan atau cafeteria menjadikan Warung Tegal dan Warung Padang sebagai pilihan konsumen. Penelitian berangkat dari asumsi tidak hanya aspek eksternal (harga yang bersaing) yang mengakibatkan Warung Tegal dan Warung Padang dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang mengalami krisis. Peneliti berasumsi bahwa aspek internal juga berperan, salah satunya adalah nilai-nilai yang dipegang kuat para pemiliki Warung Tegal dan Warung Padang dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan konsep nilai  yang dikemukakan Schwartz. Schwartz menjelaskan nilai dalam level individual sebagai tujuan individu dalam memahami lingkungannya yang mengarahkan individu memilih bagaimana berperilaku, mengevaluasi dan membenarkan perilaku dan hasil evaluasi individu. Terdapat 10 nilai yaitu self-direction, stimulation, hedonism, achievement, power, security, conformity, tradition, benevolence, dan universalism. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan nilai-nilai conformity, tradition, achievement, power dan universalism yang sangat signifikan pada pemilik Warung Tegal dan Warung Padang. Penelitian ini juga menjelaskan ada enam nilai yang tidak menunjukkan perbedaan nilai self-direction, stimulation, hedonism, security, dan benevolence pada pemilik Warung Tegal dan Warung Padang.

Kata Kunci: entrepreneur, nilai, Warung Tegal dan Warung Padang



ABSTRACT
The reason of this research was the struggle of entrepreneur to adjust economic climate change in Indonesia, especially for the warung Tegal and the warung Padang owner. The affordable price than cafeteria make the warung Tegal and the warung Padang are good choice for customer. This research come up with assumption that the affordable price as external factor makes the warung Tegal and The warung Padang could survive in economic crisis. But another aspect as good as the external factors were internal factors. In this research, the internal factors were personal values. Schwartz explain the personal values as personal goal that help them to understand the environment and to guidance person to choose how to behave, evaluate and judge their behavior based on the evaluation result. Schwartz said, there were 10 values such as self-direction, stimulation, hedonism, achievement, power, security, conformity, tradition, benevolence, and universalism. The research result showed that there were differentiate of six values for the warung Tegal and the warung Padang owner, such as self-direction, stimulation, hedonism, security, dan benevolence.
Key word: entrepreneur, values, the Warung Tegal dan the Warung Padang

No comments:

Post a Comment