Nilai-Nilai Enterpreneur Small
Medium Entrepreneur
(Studi Komparatif Pada Warung Tegal Dan Warung
Padang Dengan Telaah Nilai Berdasarkan Teori Schwartz)
ABSTRAK
Latar
belakang penelitian ini adalah daya tahan yang kuat para entrepreneur menghadapi perubahan iklim perekonomian di Indonesia,
dalam hal ini adalah para pemilik Warung Tegal dan Warung Padang. Harga yang
terjangkau dibandingkan dengan rumah makan atau cafeteria menjadikan Warung Tegal dan Warung Padang sebagai pilihan
konsumen. Penelitian berangkat dari asumsi tidak hanya aspek eksternal (harga
yang bersaing) yang mengakibatkan Warung Tegal dan Warung Padang dapat bertahan
dalam kondisi perekonomian yang mengalami krisis. Peneliti berasumsi bahwa
aspek internal juga berperan, salah satunya adalah nilai-nilai yang dipegang kuat
para pemiliki Warung Tegal dan Warung Padang dalam menjalankan bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan konsep nilai
yang dikemukakan Schwartz. Schwartz menjelaskan nilai dalam level
individual sebagai tujuan individu dalam memahami lingkungannya yang
mengarahkan individu memilih bagaimana berperilaku, mengevaluasi dan
membenarkan perilaku dan hasil evaluasi individu. Terdapat 10 nilai yaitu self-direction, stimulation, hedonism,
achievement, power, security, conformity, tradition, benevolence, dan universalism. Hasil penelitian ini
menunjukkan terdapat perbedaan nilai-nilai conformity,
tradition, achievement, power dan universalism
yang sangat signifikan pada pemilik Warung Tegal dan Warung Padang. Penelitian
ini juga menjelaskan ada enam nilai yang tidak menunjukkan perbedaan nilai self-direction, stimulation, hedonism, security,
dan benevolence pada pemilik
Warung Tegal dan Warung Padang.
Kata
Kunci: entrepreneur, nilai, Warung
Tegal dan Warung Padang
ABSTRACT
The reason of this research was
the struggle of entrepreneur to adjust economic climate change in Indonesia,
especially for the warung Tegal and the warung Padang owner. The affordable
price than cafeteria make the warung Tegal and the warung Padang are good
choice for customer. This research come up with assumption that the affordable
price as external factor makes the warung Tegal and The warung Padang could
survive in economic crisis. But another aspect as good as the external factors
were internal factors. In this research, the internal factors were personal
values. Schwartz explain the personal values as personal goal that help them to
understand the environment and to guidance person to choose how to behave,
evaluate and judge their behavior based on the evaluation result. Schwartz
said, there were 10 values such as self-direction, stimulation,
hedonism, achievement, power, security, conformity, tradition, benevolence, and universalism. The research result showed that there were differentiate
of six values for the warung Tegal and the warung Padang owner, such as self-direction, stimulation, hedonism, security,
dan benevolence.
Key
word: entrepreneur, values, the Warung Tegal dan the Warung Padang
No comments:
Post a Comment