Wednesday, August 3, 2016


waaa.... sudah setahun lebih tidak di update pojokannya....

better late than never lah....

jadi dirappel saja updatenya.


setelah riset terakhir seputar pembuatan alat ukur motivasi kerja berdasarkan teori motivasi dari Frederick Herzberg, saya dan kelompok riset payung (lagi) mengadakan riset yang berkenaan dengan determinasi komitmen organisasi dengan melihatnya dari variabel etika kerja, employee silence dan kolektivitas.


Perisetnya ada saya, pak Haris (kaprodi Psikologi Universitas Paramadina), Kenya, Dini dan Cahyo (ketiganya adalah mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Paramadina, saat ini sudah lulus).

Penelitian ini belum dipublikasi, baru tersimpan di perpustakaan Universitas. Sebentar lagi akan dibuatkan artikel dan diterbitkan di Jurnal Ilmiah.

Inti dari hasil penelitian ini :
  • Employee silence memberikan pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi afektif, normative dan kontinuans. Kediaman karyawan dalam melihat apa yang terjadi di lingkungan pekerjaannya ternyata bisa dijelaskan sebagai salah satu bukti dari komitmen mereka terhadap organisasi. Employee silence tidak selalu memberikan dampak yang negatif bagi keberlangsungan organisasi dimana karyawan itu bekerja.
  • Work ethic berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi khususnya untuk kommitmen organisasi normative dan kontinuans, namun tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi afektif.
  • Collectivism berpengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi afektif, namun tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi normative dan kontinuans.
Itu dah sekilas dari hasil penelitian yang dilakukan dari Agustus 2015 sampai dengan Mei 2016.... semoga akan dapat segera diterbitkan dalam jurnal ilmiah.





2 comments:

  1. Permisi Bu Nindyati, saya merupakan mahasiswi S1 Psikologi yang sedang mengambil skripsi tertarik dengan Organizational Silence, namun saya masih buta untuk referensi khususnya dari Indonesia. Dengan adanya jurnal yang ibu buat tentu akan membantu saya.

    Yang ingin saya tanyakan:
    Kira-kira jurnal tersebut dipublikasikan kapan Bu?
    Selain penelitian ini apakah sebelumnya ibu juga membuat penelitian mengenai Organizational Silence yang lain?

    Maaf sebelumnya jika saya menanyakan hal ini, tapi adakah masukan untuk ibu mengenai referensi Organizational Silence untuk saya?

    Terima kasih Ibu telah menulis blog terkait Organizational Silence ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf.... saya sudah lama.sekali tidak update di blog ini. Terkait employee silence artikelnya sedang dalam proses review salah satu jurnal.

      Delete